Rabu, 16 September 2009

Kamari Kundam, legenda Tamil Tentang Lemuria

Hipotesis Lemuria dan kisah tentang Atlantis, ternyata diperkuat oleh sebuah legenda Tamil yang juga mengisahkan hal yang sama. Para penduduk Tamil meyakini bahwa dahulu kala, di Samudera Hindia, pernah ada sebuah daratan besar yang kemudian tenggelam, mereka menyebutnya Kumari Kandam.

Kumari Kandam adalah kerajaan yang tenggelam yang terkadang dibandingkan dengan Lemuria. Epik Cilappatikaram dan Manimekalai mendeskripsikan kota Puhar yang tenggelam. Dravidia berasal dari daerah selatan yang kini adalah pantai India selatan yang tenggelam karena banjir. Terdapat berbagai klaim pengarang Tamil bahwa terdapat daratan yang besar menghubungkan Australia dengan pantai Tamil Nadu.

Nah, apakah legenda Kamari Kundam, hipotesis Lemuria, kisah Atlantis, dan legenda Mu merujuk kepada sebuah tempat yang sama di masa lalu? Sepertinya menarik bila dilakukan kajian mendalam akan hal ini. Atau mungkin ini perlu dipicu lebih dulu oleh novel historis seperti Negara Kelima? Adakah kawan-kawan penulis yang tertarik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kupas Tuntas Hubungan Peradaban Kuno Atlantis, Legenda Lemuria dengan Indonesia